Ads 468x60px

China Kirim Skuadron ke Perairan AS

HAWAII – China akan mengirimkan Skuadron dalam latihan Angkatan Laut (AL) terbesar di dunia bersama Amerika Serikat (AS). Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan komunikasi di laut demi mengurangi kesalahpahaman yang bisa berujung konflik di sekitar laut China, Jepang, dan Asia Tenggara.

Latihan ini juga dilakukan di tengah memanasnya kondisi di Laut China Selatan dengan Vietnam dan Filipina yang didukung oleh AS.


“Ikutnya China dalam latihan merupakan diplomasi militer dan akan memperkuat hubungan antara China dan AS,” tutur Wakil Kepala AL China, Hong Xumeng, seperti dikutip ABC News, Selasa (10/6/2014).

“Ini juga menjadi perkembangan baru untuk mengeksplorasi cara-cara memperkuat hubungan persahabatan dengan negara-negara Pasifik Selatan melalui diplomasi publik,” tambah Hong.

Setidaknya sekira 23 negara akan ikut berpartisipasi dalam latihan militer tersebut, termasuk Kanada, India,  Jepang, dan Korea Selatan (Korsel). Rencananya latihan tersebut dilaksanakan pada 26 Juni 2014 dan berakhir pada 1 Agustus 2014.

Sebelumnya, pada tahun lalu, China mengirimkan kapal penjelajah peluru kendali, kapal-kapal pasokan untuk latihan pencarian dan penyelamatan AS di Hawaii.(ang) (ade)

0 comments:

Post a Comment